Kamis, 28 Januari 2016

3 Saran bagi Pemerintah Baru RI untuk Bangun Ekosistem Entrepreneurship yang Lebih Baik



Ciputraentrepreneurship News, Jakarta - Ada banyak alasan mengapa Amerika Serikat menjadi kiblatnya entrepreneurship dunia. Dari sana, Indonesia bisa banyak belajar cara meningkatkan ekosistem entrepreneurshipnya. Dan ada beberapa poin penting yang perlu dipahami oleh pemerintah baru nantinya bila ingin entrepreneurship berkembang lebih baik lagi di tanah air. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake di sela jumpa pers "Get in the Ring 2014" di Jakarta, Rabu sore (10/9) merinci sejumlah faktor yang membuat AS unggul dalam bidang entrepreneurship.

"Alasan mengapa kami (AS - pen) memiliki tempat-tempat seperti Silicon Valley yang dikenal sebagai pusatnya entrepreneurship dan inovasi ialah karena kami mempunyai sistem pendidikan tinggi yang bagus sekali,"terang Blake.

Alasan kedua, menurut Blake, adalah karena AS memiliki aturan hukum yang kuat. "Jadi jika Anda menciptakan sesuatu, entah itu penemuan apapun, ia akan dilindungi secara hukum."

Poin ketiga yang tidak kalah penting ialah sistem venture capitalists yang bisa membantu mendanai kegiatan para entrepreneur dan startup. Di Indonesia, salah satu venture capitalist yang ada ialah ANGIN Indonesia, kelompok angel investors yang memfokuskan diri pada peningkatan entrepreneur perempuan dan pemberdayaan kaum Hawa dalam sektor bisnis dan ekonomi.

Blake menyarankan agar ekosistem wirausaha yang lebih baik tercipta di Indonesia, aturan hukum perlu dibenahi dan memastikan agar ada sistem pendanaan yang memadai serta pemberian akses pendidikan yang baik dan merata bagi warga.  Bila ditambah dengan mentoring bagi entrepreneur muda, ekosistem ini akan makin kokoh dan solid.

Bagi AS sendiri, memberikan bantuan bagi para entrepreneur Indonesia akan menciptakan berbagai peluang baru, menciptakan mitra dagang yang baru dengan makin banyaknya perusahaan di sini. "Sebagian besar adalah karena peluang ekonomi,"tegas Blake di depan para pewarta.


Entrepreneurship memang menjadi kekuatan bagi AS. Meski negara Paman Sam adalah kekuatan ekonomi terbesar di dunia saat ini, ekonomi mereka sebetulnya tidak hanya digerakkan oleh perusahaan-perusahaan besar semacam Google atau Microsoft, tetapi juga jutaan entrepreneur dengan usaha-usaha kecil menengah mereka yang tak banyak didengar dan diberitakan media tetapi memiliki kontribusi yang signifikan pada perekonomian negara. Sumbangsih mereka tidak kecil karena faktanya lebih dari separuh GDP (Gross Domestic Product) AS dihasilkan oleh UMKM, Blake menandaskan. Selengkapnya: http://www.eciputra.com/berita-6153-3-saran-bagi-pemerintah-baru-ri-untuk-bangun-ekosistem-entrepreneurship-yang-lebih-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar