Sabtu, 31 Oktober 2015

Agar Bisnis Kafe Anda Berjalan Sesuai Harapan

Kamu sudah memiliki modal dan ingin membuka bisnis tapi masih bingung jenis bisnis yang akan kamun geluti? Kenapa tidak mencoba bisnis kuliner, dengan membuka kafe? Soalnya orang pasti suka makan, dan makan memang menjadi kebutuhan paling mendasar untuk mahluk hidup.
Sayangnya, tidak semua bisnis kuliner itu berhasil. Banyak juga yang terpaksa gulung tikar karena perencanaan awal yang tidak matang atau tidak serius menjalankannya.
Nah, supaya bisnis kamu berjalan sesuai ekspektasi, berikut lima tips yang bisa kamu ikuti.
1. Survei pasar
Langkah awal memulai bisnis ini, kamu kudu melakukan survei pasar. Cara ini untuk mengetahui target pasar yang akan kamu bidik. Untuk mempermudah, ada baiknya kamu mencari komunitas yang berpotensi sebagai pelanggan kamu kelak.

Misalnya saja kamu fokus pada kamunitas fotografi, komunitas musik, komunitas pecinta buku, komunitas olah raga, komunitas seni, komunitas sepeda, komunitas motor atau mobil dan sebagainya.
2. Lokasi
Pilihlah lokasi yang strategis, biasanya berdekatan dengan perkantoran, sekolah, perguruan tinggi atau di tengah kota. Penentuan lokasi yang strategis ini sangat penting lantaran akan menentukan keberlanjutakan usaha

Oh iya, kalau kamu sudah menemukan lokasi yang dirasa strategis, perhatikan dulu sekitar lokasi calon pendirian bisnis cafe kamu. Apakah di sekitar lokasi banyak kafe yang sudah berdiri? Kalau ya maka kamu harus siap berkompetisi dengan memberikan keunggulan yang berbeda.
3. Desain
Tidak perlu khawatir jika kamu harus bersaing dengan kafe yang telah ada. Kamu hanya perlu memberikan sesuatu yang berbeda, unik dan menarik dibanding kafe lainnya.

Karena kafe identik dengan suasana yang nyaman, biasa digunakan untuk tempat rapat, diskusi dan ngobrol santai maka desainlah cafe kamu senyaman mungkin, menyenangkan dan tidak membosankan.
4. Menu
Selain desain dan suasana yang nyaman, makanan juga menjadi magnet untuk menarik pelanggan. Buatlah menu makanan atau minuman yang unik, yang berbeda dengan kompetitor kamu. Kamu bisa memilih menu intrenasional atau trandisional atau dua-duanya. Tapi sajikanlah menu tersebut dengan cara yang unik dan nama yang menarik, namun dengan harga yang kompetitif.

5. Promosi
Setelah semuanya siap, kamu jangan lupa untuk mempromosikan bisnis kafe kamu, baik dengan iklan di koran, pasang spanduk, menyebar selebaran atau cara yang lebih murah dan efektif adalah melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram atau BBM ke teman maupun melalui sarana promosi. Selengkapnya: http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-madya/agar-bisnis-kafe-anda-berjalan-sesuai-harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar