Selasa, 27 Oktober 2015

Minyak Berlebihan Muka Mengkilap




Kulit wajah berminyak akan membuat wajah terlihat kusam. Tentu saja hal itu tidak diinginkan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Wajah akan terlihat kusam dan akan membuat kurang percaya diri. Selain membuat wajah terlihat kusam, kulit wajah yang berminyak juga dapat memicu masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo. 

Penyebab kulit berminyak
Genetik
Jika orang tua memiliki kulit yang berminyak, kemungkinan akan diturunkan kepada anak. Coba perhatikan wajah orang tua atau anggota keluarga lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak bisa jadi penyebabnya adalah faktor genetik.
Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat memicu produksi minyak berlebih. Selama masa pubertas, terjadi peningkatan hormon androgen menyebabkan kelenjar folikel untuk tumbuh lebih besar dan membuat lebih banyak minyak (sebum ). Peningkatan yang serupa pada androgen juga terjadi selama masa kehamilan.
Produk Kecantikan
Penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation seringkali dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori. Telitilah dalam memilih kosmetik yang cocok untuk kulit anda, atau gunakanlah kosmetik berbahan dasar air ketimbang yang berbahan dasar minyak.
Gaya Hidup
Kebiasaan merokok, minum alkohol, maupun kurang tidur dapat meningkatkan produksi minyak berlebih. Malas menjaga kebersihan tubuh, wajah, dan rambut dapat berpotensi kulit berminyak.
Cuaca
Tinggal di negara tropis yang dapat membuat kulit menjadi cepat berkeringat dan berminyak.
Makanan
Pola makan yang buruk, sering mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, mengandung minyak, dan santan, akan menyebabkan produksi minyak berlebih.
Stress
Stress dapat memproduksi hormon androgen lebih dari biasanya. Artinya, tubuh menghasilkan lebih banyak minyak dan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang memicu produksi minyak berlebih. 

Ada beberapa cara mengatasi wajah berminyak sehingga wajah kita bisa terhindar dari jerawat:
Jeruk Nipis
Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini ternyata juga ampuh mengatasi kulit yang berminyak. Caranya cukup mudah ambil 1 buah jeruk nipis lalu cuci bersih belah jeruk nipis atau kupas kulitnya, gunakan jeruk nipis tadi untuk di gosokkan pada  wajah secara merata. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin.
Bengkoang
Bengkoang efektif jmengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya cuci sampai bersih bengkoang, lalu haluskan. Bengkoang yang sudah halus tadi gunakan sebagai masker sebelum tidur. Di samping menghlangkan minya yang berlebih bengkoang juga mampu mengecilkan pori – pori kulit wajah sehingga wajah dapat terbebas dari jerawat.
Mentimun
Mentimun dicuci lalu haluskan dengan di blender atau di parut. Gunakan mentimun yang sudah halus tadi untuk masker wajah. Tunggu sekitar 30 menit. Perawatan ini dapat dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar