Jumat, 23 Oktober 2015

Konser Reuni Dewa 19


Album kompilasi karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 2007, yakni Kerajaan Cinta merupakan lagu-lagu di album Republik Cinta. Album ini memuat 2 lagu baru, yaitu Dewi dan Mati Aku Mati. 4 lagu diantaranya diremix atau direkam ulang. Ini merupakan album terakhir Dewa 19, sebelum akhirnya resmi dibubarkan pada tahun 2011. 

Dewa sempat berubah haluan menjadi music jazz setelah Erwin memperkenalkan musik jazz ke grup ini. Wawan sebagai drummer yang merupakan penggemar berat musik rock kemudian memutuskan keluar pada tahun 1988 dan bergabung dengan Outsider yang antara lain beranggotakan Ari Lasso. Wawan kemudian digantikan oleh Salman dan nama Dewa pun diubah menjadi Down Beat, yang diambil dari nama majalah jazz terbitan Amerika Serikat.
Dewa 19 sempat bermasalah lantaran dua personelnya, Ari Lasoo dan Erwin Prasetya mengalami ketergantungan berat narkoba. Narkoba juga melumpuhkan seluruh aktivitas Dewa 19. Berbagai tawaran manggung terpaksa ditolak Karena kondisi Ari yang memprihatinkan. Album ke-5 Dewa 19 tidak pernah selesai digarap akibat jadwal rekaman yang sering ditunda. Perlahan mulai timbul konflik di tubuh Dewa 19

Setelah sekian lama vakum dari musik Indonesia, akhirnya pada tanggal 30 April tahun 200. Dewa tampil secara perdana dengan formasi baru: Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokalis) dan Tyo Nugros (drumer). Dewa 19 hadir dengan nama "Dewa" saja, tanpa "19".
Di tengah kesuksesan yang diraihnya, pelanggaran hak cipta dilakukan Dewa pada lagu Arjuna Mencari Cinta yang digugat oleh Yudhistira ANM Massardi, selaku penulis novel dengan judul yang sama. Dewa dianggap menciplak judul novel "Arjuna Mencari Cinta" tanpa konfirmasi dengan si penulis. Dewa bersedia berdamai dan judul lagunya diganti dengan Arjuna. 

Walaupun Dewa 19 telah bubar, Ahmad Dhani masih bersemangat untuk tetap mengadakan konser reuni Dewa 19 ke berbagai kota di Indonesia sebagai obat rindu untuk para penggemarnya. Bahkan Ahmad Dhani juga mengundang mantan personil Dewa 19 yang pernah ikut andil dalam perkembangan Dewa 19 seperti Wong Aksan, Tyo Nugros dan Ari Lasso. 23 Februari 2013 merupakan konser reuni Dewa 19 yang sentak membuat penonton tak percaya. Pada konser tunggalAri Lasso yang bertakjud Sang Dewa Cinta, Dewa 19 membentuk personil yang belum pernah dilakukan selama 19 tahun terakhir dengan menghadirkan personel awal, yaitu Wawan Juniarso dan Erwin Prasetya. Peristiwa langka tersebut membuat penonton berdecak kagum. Sampai tahun 2015 ini, Ahmad Dhani masih sering mengadakan konser reuni Dewa 19 dengan membonceng sang vokalis Ari Lasso. (dr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar