Selasa, 20 Oktober 2015

Balon Helium Menuai Kritik


Jaman sekarang pemakaian balon sebagai hadiah kelulusan, pesta ulang tahun, bahkan pernikahan dibuat secara meriah untuk menyemarakkan acara tersebut. Dekorasi balon warna warni bisa menjadi salah satu pilihan alternatif. Pengunaan balon juga semakin meluas dan dijadikan pelengkap kejutan bagi orang-orang terkasih. 

Motif balon dengan berbagai bentuk seperti, bentuk hati, polkadot, hingga balon huruf bisa dirangkai sesuai keinginan. Tidak salah lagi jika balon menjadi produk dan usaha yang sedang naik daun. Penyedia balon saat ini sedang digandrungi peminatnya dan banyak diburu. Bisnis ini pun menjadi peluang usaha yang memiliki prospek yang cerah. 

Bagaimana dengan balon helium yang sedang menarik perhatian masyarakat sekarang ini?
Menurut College London bahwa Helium adalah unsur kimia yang unik, apabila unsur itu sudah tidak ada lagi, kita akan kehilangan selama lamanya. Sepertinya berita tentang semakin sedikitnya Helium, yang membuat harga pun melonjak, membuat para ahli kimia dunia, berfikir keras karena penggunaan Helium juga dipakai untuk kegiatan usaha yang lebih penting, misalnya pada perusahaan-perusahaan IT,  daripada hanya sekedar  digunakan untuk ditiupkan kedalam balon-balon pesta anak. Di dalam balon kadar helium memang tidak banyak, namun dari sekarang harus pintar-pintar dalam menggunakan unsur helium agar tidak terbuang sia-sia. 

Dari segi medis menurut dr Dolphin menyebut, helium untuk memindahkan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Gas paling ringan kedua setelah hidrogen tersebut juga digunakan sebagai campuran oksigen untuk mengatasi kesulitan bernapas di rumah sakit. 

Helium sebagai pengisi gas juga mendapat kritik. Dalam pertemuannya di British Medical Association dr Trevor Pickersgill menyebutkan larangan helium justru akan meningkatkan penggunaan gas medis lainnya yang dikenal sebagai gas tertawa atau nitro-oksida. 

Balon helium yang sedang trend sekarang karena gas ini dinilai aman. Selain helium gas hydrogen juga dipakai karena sifat gasnya yag ringan. Namun gas paling ringan yang diberikan hydrogen mudah terbakar sehingga tidak aman untuk dijadikan mainan. (dr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar