Jumat, 23 Oktober 2015

Nyaman Berkat Pakaian Senam Hamil




Kehamilan bagi wanita merupakan anugerah  yang sangat besar diberikan oleh Tuhan dan semaksimal mungkin dijaga baik dari makanan, susu kehamilan, istirahat yang cukup, dan mengurangi stress. Satu hal yang wajib dilakukan para ibu hamil adalah senam hamil dengan rutin selama 150 menit dalam seminggu seperti yang direkomendasikan U.S. Department of Health and Human Services.
Manfaat senam hamil sendiri sangat banyak diantaranya: mencegah kegemukan pada ibu saat hamil, mengurangi nyeri punggung yang biasanya terjadi saat kehamilan, tubuh terasa lebih ringan, dan memperbaiki kualitas tidur lebih.
Selain manfaat, kostum olahraga juga menjadi sorotan penting saat melakukan senam hamil supaya ibu yang sedang hamil nyaman dan aman:
 
Celana Senam : pada saat bulan pertama ibu masih bisa memakai celana dengan potongan pinggul karena perut yang belum besar. Akan tetapi ketika memasuki trimester kedua, ibu sudah harus mengenakan celana senam hamil yang disebut yoga pants. Celana ini khusus dibuat dengan menggunakan karet di bagian depan pinggang digunakan saat perut sudah membesar tanpa membuat Ibu merasa kesakitan atau kurang nyaman.
 
Baju Senam:suhu tubuh akan semakin meningkat ketika ibu sedang hamil tidak jarang membuat ibu kegerahan. Untu itu para ibu bisa memilih baju senam yang longgar dan  menyerap keringat. Ibu juga bisa memilih baju senam hamil yang dilengkapi inbuilt shelf bra yang dibuat menempel di bagian dalam pakaian dan berfungsi menahan payudara agar tidak terguncang terlalu keras.
 
Sport Bra: Ibu haru memilih ukuran yang tepat untuk bra agar tidak sempit dan tidak kesulitan dalam bernafas. Dengan cup yang tebal dan strap atau tali berukuran lebar, payudara tidak akan terguncang saat melakukan gerakan-gerakan senam sehingga mengurangi rasa sakit di bagian tersebut.
 
Sepatu:setelah bagian atas selesai jangan lupa bagian bawah untuk kaki ibu hamil, yakni sepatu. Pilihlah sepatu yang empuk sehingga tidak menimbulkan nyeri pada saat melakukan gerakan hamil. Terkadang kehamilan membuat pembengkakan saat salah memilih ukuran sepatu senam. Para ibu harus mencari ukuran sepatu yang lebih besar dan nyaman hingga mengurangi resiko cedera. (dr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar