Rabu, 28 Oktober 2015

Manfaat Buah Jeruk Bagi Ibu Hamil



 
Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering kita temukan di berbagai Negara di dunia ini. Buah jeruk banyak sekali jenisnya dan dari setiap jenis memiliki rasa yang berbeda, mulai dari yang manis dan ada juga yang asam. Buah jeruk memiliki khaiat yang banyak sekali untuk kesehatan, namun yang akan saya bahas kali ini yaitu manfaat buah jeruk untuk ibu hamil. Buah jeruk terkenal kaya akan kandungan vitamin C nya, karena di dalam 100 gram buah jeruk terkandung sebanyak 350 mikrogram vitamin C. Selain itu, buah jeruk juga mengandung vitamin A, vitamin B, B1, B2, kalsium, kalium, asam folat dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Serta mengandung zat lain yang sangat bermanfaat seperti pectin, likopen, flavanoid, niacin. Maka tak heran jika buah jeruk sangat dianjurkan bagi ibu hamil, karena kandungan di dalam buah jeruk sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kehamilan dan perkembangan janin. 

Dengan kandungan nutrisi buah jeruk yang sangat banyak, maka tak heran jika buah jeruk banyak diminati dan berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C, sehingga sangat berkhasiat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Buah jeruk juga sangat berkhasiat untuk mempertahankan kolagen di dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena varies, menjaga kesehatan jaringan kulit serta sangat ampuh dalam mencegah resiko terkena kanker. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dapat bermanfaat untuk mencegah serta mengobati penyakit ringan seperti batuk, flu dan pilek. Sementara itu, buah jeruk juga memiliki kandungan pectin yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. 

Kandungan yang paling baik untuk ibu hamil yaitu asam folat yang banyak terkandung di dalam buah jeruk. Asam folat merupakan salah satu senyawa yang dapat sangat mudah untuk diserap oleh bayi dengan melalui rahim, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah jeruk setiap hari.
Selain itu, buah jeruk sangat bermanfaat dalam mencegah pembengkakan pada anggota tubuh seperti tangan dan kaki yang sering terjadi pada ibu hami. Kandungan serat pada buah jeruk juga dapat bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan juga diare. Mengkonsumsi buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk menjaga stamina ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak akan mudah lelah dan tetap bugar dalam menjalani segala aktivitas yang biasa dikerjakan saat hamil. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah jeruk dengan cara mengkonsumsinya langsung atau pun dijadikan minuman jus yang menyegarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar