Senin, 16 November 2015

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan



 
Anda mungkin pernah merasakan tidak enaknya mengalami sakit tenggorokan. Tanda-tanda sakit tenggorokan yaitu terasa serak, gatal dan nyeri ketika menelan makanan. Penyebab sakit tenggorokan juga bermacam-maca, mulai dari alergi, virus, batuk, bakteri, sampai merokok.
Mengatasi tenggorokan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari ke dokter hingga menggunakan obat-obat tradisional. 

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan:
1. Berkumur dengan air garam hangat
Sejumlah penelitian menemukan bahwa berkumur menggunakan air garam hangat beberapa kali sehari akan mengurangi pembengkakan pada tenggorokan, mengurangi iritasi atau bakteri serta menghilangkan lendir.
Dokter sendiri pada umumnya menyarankan untuk melarutkan setengah sendok teh garam dengan secangkir air hangat 

2. Minum obat batuk sirup
Obat batuk sirup yang biasa Aanda konsumsi untuk meredakan gejala batuk, Aanda bisa meminumnya saat mengalami sakit tenggorokan. Obat batuk sirip ini dipercaya mampu mengurangi nyeri pada tenggorokan untuk sementara waktu, namun tetap efektif untuk mengusir ketidaknyamanan di tenggorokan. 

3. Makan permen pelega tenggorokan
Anda bisa mengambil beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari. Permen pelega tenggorokan mampu membantu merangsang produksi air liur yang mampu menjaga tenggorokan agar tetap lembab.
Permen pelega tenggorokan ini bisa ditemui di berbagai tempat, apalagi saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Permen pelega tenggorokan mengandung bahan-bahan antibakteri serta mampu mengurangi rasa nyeri tenggorokan. 

4. Minum teh
Anda bisa minum air putih? Kalau begitu, anda bisa mengkonsumsi secangkir teh herbal hangat yang mampu memberikan efek yang menenangkan ketika Anda sedang mengalami masalah tenggorokan.
Teh non-herbal mampu mencegah infeksi serta memperkuat daya tahan tubuh lantaran memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu pada secangkir teh. Madu memiliki kandungan sifat antibakteri yang mampu mempercepat kesembuhan 

5. Perbanyak konsumsi cairan
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan yaitu mengkonsumsi air putih atau cairan lainnya agar terhindar dari dehidrasi. Tubuh Anda tentunya harus cukup cairan agar urin tetap berada dalam kondisi yang baik.
Hal ini nantinya akan menjaga selaput lendir agar tetap lembab serta mampu memerangi bakteri atau iritasi misalnya alergen, juga dapat menghindari anda dari gejala flu. 

6. Mengkonsumsi sup ayam
Tidak hanya membantu mengatasi pilek, ternyata sup ayam juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mempercepat proses kesembuhan saat radang tenggorokan.
Saat mengalami sakit tenggorokan, pasti timbul rasa sakit ketika menelan makanan, maka dari itulah sup ayam ini sangat tepat dikonsumsi karena sifatnya cair sehingga mampu membantu anda untuk dapat dengan mudah menelan makanan. Tidak hanya itu saja, sup ayam juga kaya akan nutrisi yang mampu membantu melawat penyakit. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan . Akan tetapi, jika Anda merasa sakit tenggorokan Anda parah, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan sampai Anda menyepelekan penyakit karena hal ini bisa membahayakan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar