Senin, 30 November 2015

Mengenal Lateks dan Manfaatnya Bagi Manusia

http://d3otkl9byfilk1.cloudfront.net/images/DIMOMATT50?wid=2000& 
Lateks adalah suatu istilah yang dipakai untuk menyebut getah yang dikeluarkan oleh pohon karet. Lateks terdapat pada bagian kulit, daun dan integument biji karet. Lateks merupakan suatu larutan koloid dengan partikel karet dan bukan karet yang tersuspensi di dalam suatu media yang banyak mengandung bermacam-macam zat. Warna lateks adalah putih susu sampai kuning. Lateks dihasilkan oleh banyak tumbuhan anggota bangsa Malpighiales (misalnya suku Apocynaceae dan Euphorbiaceae).

Lateks mempunyai sifat kenyal (elastis). Sifat kenyal tersebut berhubungan dengan viskositas atau plastisitas karet. Susunan bahan lateks dapat dibagi menjadi dua komponen yaitu bagian yang mendispersikan atau memancarkan bahan-bahan yang terkandung secara merata, biasa disebut serum dan komponen kedua yang terdiri dari butir-butir karet yang dikelilingi lapisan tipis protein. Harga lateks dari getah karet sendiri saat ini berada pada kisaran harga Rp 8000,00/kg untuk lateks basah (baru selesai disadap), sedangkan untuk yang kering (setelah 2 minggu atau lebih penyadapan) itu harganya Rp 14.000,00/kg.

Lateks mengandung 25-40 % bahan karet mentah (crude rubber) dan 60-77 % serum (air dan zat yang larut). Karet mentah mengandung 90-95 % karet murni, 2-3 % protein, 1-2 % asam lemak, 0,2 % gula, 0,5 % garam dari Na, K, Mg, P, Ca, Cu, Mn, dan Fe. Partikel karet tersuspensi (tersebar secara merata)dalam serum lateks dengan ukuran 0,004-3 mikron, atau 0,2 milyar partikel karet per millimeter lateks .

Pengolahan Lateks

Penerimaan Lateks Kebun ---> Pengenceran Lateks --> Pembekuan --> Penggilingan --> Pengasapan dan Pengeringan --> Sortasi dan Pembungkusan

Manfaat Lateks

Lateks dari karet banyak digunakan dalam berbagai industri. Barang yang dapat dibuat dari lateks antara lain aneka ban kendaraan, sepatu karet, pipa karet, kabel, isolator dan bahan-bahan pembungkus logam. Selain itu, lateks juga dapat diolah dalam bentuk karet sheet, crepe, lateks pekat dan karet remah (Crumb rubber).

Salah satu kegunaan lateks adalah menjadi salah satu bahan baku untuk pembuatan tempat tidur atau springbed. Ketika Anda memutuskan untuk mengganti kasur atau tempat tidur Anda yang lama, mungkin banyak hal yang menjadi pertanyaan dalam diri Anda. Terutama karena saat ini begitu beragamnya pilihan dari segi teknologi, bahan, dan merek. Salah satunya adalah Kasur Latex.

Apa itu Latex ? Apakah kasur Latex baik untuk Anda ? Apakah kasur Latex lebih nyaman dibandingkan dengan busa biasa ? Ketika saya ingin kasur yang baik untuk kesehatan apakah kasur Latex pilihan yang tepat ? Bagaimana dengan bantal Latex ? Dan mungkin masih banyak pertanyaan lain yang ada dalam benak Anda.

Artikel ini tidak dimaksudkan untuk dapat menjawab semua pertanyaan Anda, melainkan memberikan uraian singkat mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang Anda dapatkan dengan kasur Latex :

Kelebihan kasur lateks

Salah satu keunggulan kasur Latex yang harus Anda ketahui adalah sifatnya yang sangat nyaman. Menurut survey, sekitar 85% dari pemilik kasur Latex merasa puas dengan kenyamanan yang diberikannya. Kenyamanan merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan sebagian besar orang ketika ingin membeli tempat tidur.
Bersifat hypo allergenic sehingga lebih cocok untuk Anda dengan alergi
Memiliki sifat breathable, atau ventilasi udara yang baik untuk adaptasi terhadap suhu kamar yang lebih ideal.  Sejuk ketika digunakan pada udara agak panas, dan hangat ketika digunakan pada suhu udara agak dingin.
Karena strukturnya, kasur Latex sangat baik untuk menyangga tubuh Anda dengan mengurangi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh. Kelebihan ini akan membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak karena mengurangi frekuensi Anda membulak-balik tubuh ketika tidur.
Sifatnya yang lebih tahan lama dari busa biasa. Untuk pemakaian normal, kasur Latex dapat memberikan Anda manfaat dan kenyamanan tidur sehat sampai bertahun-tahun. Selengkapnya: http://www.imart89.com/blog/read/85/mengenal-lateks-dan-manfaatnya-bagi-manusia

1 komentar:

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari Springbed / Kasur merk american yang nyaman dari lateks alami di Malang silahkan cek di sini:
    Springbed American
    Springbed American vs Central
    Springbed American Imperial
    Springbed American King
    Springbed American Pillo
    Springbed American Pillow
    Springbed American vs Bigland
    WA : 081249676477
    Springbed Malang
    Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang
    springbedmalang.com

    BalasHapus