Rabu, 24 Februari 2016

12 Cara Pantau Perkembangan Pesaing Bisnis




Rasa penasaran terhadap strategi dan gerak langkah yang ditempuh oleh para pesaing bisnis Anda bukanlah insting yang tidak wajar. Namun, hukum mencegah Anda untuk memata-matai pesaing Anda hanya karena Anda menghendaki informasi lebih banyak mengenai perusahaan mereka. Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal yang legal di mata hukum untuk menggali lebih banyak informasi mengenai rencana dan langkah mereka.
1. Surat kabar lokal
Bacalah surat kabar lokal yang memuat berita yang memuat informasi atau pembaruan mengenai pesaing Anda. Ini cara termudah. Namun, Anda hanya akan mengetahui rencana yang akan segera dilaksanakan jadi jangan terlalu cepat berpuas diri.
2. Gali lebih banyak dari vendor
Gunakan percakapan yang santai saat ingin bercakap-cakap untuk menggali informasi. Anda dapat menyelidiki dan mendapatkan informasi dari  vendor Anda mengenai rencana yang dimiliki perusahaan lain.
3. Kunjungi pameran
Jika ada pameran, kirimkanlah sejumlah orang untuk menghadirinya untuk emngunjungi dan mengamati booth mereka. Biasanya para pegawai yang bertugas akan menceritakan rencana dan informasi ke depan untuk menarik para pelanggan.
4. Penyelidikan dengan tur pabrik
Jika mereka memiliki pabrik dan menawarkan tur ke dalam bagi pengunjung, janga sia-siakan kesempatan itu. Kunjungi pabrik mereka dan kumpulkan sebanyak mungkin informasi dari orang yang Anda kirimkan.
5. Mengirim pembeli rahasia
Pembeli rahasia akan bertindak layaknya agen rahasia. Beli produk mereka dan temukan kualitas dan informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memberikan informasi dan penjelasan kepada konsumen.
6. Penelitian ke situ web mereka
Baca semua isi situs web mereka. Sebagian perusahaan sering menyebarluaskan petunjuk mengenai rencana dan visi mereka ke depan, dan ini dapat menjadi alat penunjuk mengenai arah gerakan mereka selanjutnya.
 
7. Cermati lowongan kerja mereka
Iklan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan pesaing juga berperan dalam menunjukkan arah perkembangan perusahaan mereka. Bisa jadi itu adalah satu potong dari gambar besar yang memuat strategi mereka.
8. Audiens jejaring sosial
Banyak orang mendapatkan informasi detil dari audiens situs web pesaing Anda. Cobalah menemukan orang-orang itu dan dapatkan informasi menyeluruh yang Anda butuhkan.
9. Penyelidikan melalui Quora
Jika Anda belum menjadi pengguna Quora, tampaknya kini Anda harus mencobanya. Quora memuat data yang lumayan lengkap. Mereka juga memiliki sejumlah file-file yang mereka akan berikan pada investor. Ini akan memberikan informasi mengenai langkah dan rencana mereka. Pertajam pengamatan Anda.
10. Periksa Slideshare
Mereka mungkin lupa untuk menghapus Slideshare mereka.di stus Slideshare, kita biasanya akan menemukan data lengkap mengenai proyeksi, kalkulasi dan data penting lainnya. Ini harus dimanfaatkan.
11. Kunjungi LinkedIn
Amati laman LinkedIn. Di sini, mereka akan mempublikasikan kabar terbaru perusahaan, video pendek, informasi pra peluncuran produk, dan banyak data spesifik lainnya. Amati gerakan mereka dan gunakan informasi yang Anda miliki untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.
12. Riset mengenai dokumen publik

Perusahaan-perusahaan biasanya memiliki dokumen-dokumen yang bisa diumumkan ke publik untuk sejumlah tujuan. Anda bisa mengakses dokumen ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar