Rasa
penasaran terhadap strategi dan gerak langkah yang ditempuh oleh para
pesaing bisnis Anda bukanlah insting yang tidak wajar. Namun, hukum
mencegah Anda untuk memata-matai pesaing Anda hanya karena Anda
menghendaki informasi lebih banyak mengenai perusahaan mereka. Namun,
Anda dapat melakukan beberapa hal yang legal di mata hukum untuk
menggali lebih banyak informasi mengenai rencana dan langkah mereka.
1. Surat kabar lokal
Bacalah surat kabar lokal yang memuat berita
yang memuat informasi atau pembaruan mengenai pesaing Anda. Ini cara
termudah. Namun, Anda hanya akan mengetahui rencana yang akan segera
dilaksanakan jadi jangan terlalu cepat berpuas diri.
2. Gali lebih banyak dari vendor
Gunakan
percakapan yang santai saat ingin bercakap-cakap untuk menggali
informasi. Anda dapat menyelidiki dan mendapatkan informasi dari vendor
Anda mengenai rencana yang dimiliki perusahaan lain.
3. Kunjungi pameran
Jika
ada pameran, kirimkanlah sejumlah orang untuk menghadirinya untuk
emngunjungi dan mengamati booth mereka. Biasanya para pegawai yang
bertugas akan menceritakan rencana dan informasi ke depan untuk menarik
para pelanggan.
4. Penyelidikan dengan tur pabrik
Jika
mereka memiliki pabrik dan menawarkan tur ke dalam bagi pengunjung,
janga sia-siakan kesempatan itu. Kunjungi pabrik mereka dan kumpulkan
sebanyak mungkin informasi dari orang yang Anda kirimkan.
5. Mengirim pembeli rahasia
Pembeli
rahasia akan bertindak layaknya agen rahasia. Beli produk mereka dan
temukan kualitas dan informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memberikan
informasi dan penjelasan kepada konsumen.
6. Penelitian ke situ web mereka
Baca
semua isi situs web mereka. Sebagian perusahaan sering menyebarluaskan
petunjuk mengenai rencana dan visi mereka ke depan, dan ini dapat
menjadi alat penunjuk mengenai arah gerakan mereka selanjutnya.
7. Cermati lowongan kerja mereka
Iklan
lowongan pekerjaan yang dipublikasikan pesaing juga berperan dalam
menunjukkan arah perkembangan perusahaan mereka. Bisa jadi itu adalah
satu potong dari gambar besar yang memuat strategi mereka.
8. Audiens jejaring sosial
Banyak
orang mendapatkan informasi detil dari audiens situs web pesaing Anda.
Cobalah menemukan orang-orang itu dan dapatkan informasi menyeluruh yang
Anda butuhkan.
9. Penyelidikan melalui Quora
Jika
Anda belum menjadi pengguna Quora, tampaknya kini Anda harus
mencobanya. Quora memuat data yang lumayan lengkap. Mereka juga memiliki
sejumlah file-file yang mereka akan berikan pada investor. Ini akan
memberikan informasi mengenai langkah dan rencana mereka. Pertajam
pengamatan Anda.
10. Periksa Slideshare
Mereka
mungkin lupa untuk menghapus Slideshare mereka.di stus Slideshare, kita
biasanya akan menemukan data lengkap mengenai proyeksi, kalkulasi dan
data penting lainnya. Ini harus dimanfaatkan.
11. Kunjungi LinkedIn
Amati
laman LinkedIn. Di sini, mereka akan mempublikasikan kabar terbaru
perusahaan, video pendek, informasi pra peluncuran produk, dan banyak
data spesifik lainnya. Amati gerakan mereka dan gunakan informasi yang
Anda miliki untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.
12. Riset mengenai dokumen publik
Perusahaan-perusahaan
biasanya memiliki dokumen-dokumen yang bisa diumumkan ke publik untuk
sejumlah tujuan. Anda bisa mengakses dokumen ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar