Rabu, 24 Februari 2016

CIPUTRA: Bagaimana Saya Merintis Kerajaan Bisnis Tanpa Modal Uang



Saya yakin banyak sekali yang ingin mengetahui bagaimana saya memulai merintis grup-grup bisnis yang saya miliki sekarang sebab saya sering pula menemui pertanyaan-pertanyaan tentang cara memulai usaha tanpa modal.

Pertama-tama, saya akan mengatakan bahwa ada 3 poin yang menjadi intisari dari usaha saya selama ini, yaitu 3E: Envision (membayangkan), Encounter (menghadapi) dan Explore (mengeksplorasi).

Saya mengagumi ide-ide Bung Karno, Alm. Ali Sadikin, dan beberapa tokoh lain yang pemikirannya amat cemerlang. Saya lantas menghadap Bang Ali dengan membawa sebuah gagasan yang menurut saya akan berhasil dan tidak akan gagal. “Bang Ali, saya ingin teruskan proyek ini,” kata saya di hadapan Ali Sadikin saat itu. Saya belum memiliki nama atau reputasi saat itu. Yang saya milik hanyalah semangat dan gagasan yang cemerlang di otak.

Dan satu lagi rahasia saya agar bisa terus memperluas bisnis lebih ekspansif adalah menawarkan sebuah rencana proyek yang sedemikian menarik dan sangat menjanjikan hingga pihak lain yang saya tawari bekerjasama tidak bisa menolaknya. Saya katakan jika proyek ini nantinya gagal, akan saya tanggung semua kerugian yang ditimbulkan. Namun jika proyek ini kelak berhasil dan membawa untung besar, hasilnya akan dibagi. Saya hanya dapat 20%, pihak lain akan dapat 80%. Ini saya ajukan saat meminjam dari bank.

Saat menghadap Ali Sadikin saya ditanya, “Apakah kamu punya uang?” Saya jawab saya tidak punya tapi saya punya cara untuk mendapatkan uang! Lalu saya ajukan penawaran seperti tadi, yang memberikan peluang bagi pihak lain untuk menanggung risiko yang lebih ringan dari saya.  Puji Tuhan, beliau saat itu menerima proposal proyek yang saya ajukan. Inilah tahapan Envision, yang menjadi awal dibangunnya Ancol sebagai taman hiburan nan lengkap bagi masyarakat Jakarta dan Indonesia.

Akhirnya hingga sekarang, tiap tahunnya kami untung ratusan miliar dan kami berbagi untung dengan pemerintah DKI Jakarta dengan membayar pajak pada pusat. Itulah yang kita sebut Encounter. Tak puas hanya di situ, kami juga terus mengembangkan kawasan Ancol agar makin menyenangkan untuk dikunjungi wisatawan. Inilah tahapan Explore.

Selengkapnya: http://www.eciputra.com/berita-2064-ciputra-bagaimana-saya-merintis-kerajaan-bisnis-tanpa-modal-uang-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar