Jumat, 19 Februari 2016

Jack Ma: Sarjana Bahasa Inggris yang Jadi Entrepreneur Online Kaya Raya



Jack Ma kini menjabat sebagai Executive Chairman Alibaba Group, yang merupakan perusahaan induk dengan sembilan anak perusahaan utama - Alibaba.com , Taobao Marketplace , Tmall , etao.com , Aliyun , Juhuasuan.com , 1688.com , AliExpress.com dan Alipay.

Setelah debut perusahaan itu pada tahun 1999, ia menjabat sebagai ketua Group dan CEO selama lebih dari satu dekade, dengan tanggung jawab untuk keseluruhan strategi dan operasi. Pada tanggal 10 Mei 2013, ia mengundurkan diri sebagai chief executive officer tetapi tetap mejabat sebagai ketua eksekutif dan terus membentuk strategi bisnis Grup dan pengembangan manajemen.

Dia saat ini menjabat di dewan direksi SoftBank Corp, sebuah perusahaan informasi digital terkemuka yang diperdagangkan di Bursa Efek Tokyo. Ia juga menjabat sebagai direktur Huayi Brothers Media Corporation, sebuah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Shenzhen.

Pada tahun 2009, Jack menjadi wali dari Program The Nature Conservancy China dan bergabung dengan dewan direksi global organisasi pada tahun 2010. Sejak 11 Mei 2013, Ma menjabat sebagai ketua Direksi The Nature Conservancy China.

Dari tahun 1998 hingga 1999, Ma memimpin perusahaan teknologi informasi yang didirikan oleh China International Commerce Center Elektronik, departemen Departemen Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi.

Pada tahun 1995, Ma mendirikan China Yellowpages, secara luas diyakini sebagai perusahaan berbasis internet pertama di China. Pada tahun 1991, Jack Ma mendirikan Hangzhou Hope Translation Agency, lembaga penerjemahan No.1 di Hangzhou .
Sebagai pemimpin bisnis yang dihormati , Jack Ma dipilih oleh World Economic Forum ( WEF ) sebagai " Young Global Leader " pada tahun 2001 , dan dipilih oleh China Central Television ( CCTV ) dan pemirsa sebagai salah satu dari " Top 10 Pemimpin Bisnis Tahun Ini" pada tahun 2004 . Dia juga sebagai salah satu dari " 25 Pengusaha Paling Berpengaruh di Asia " oleh Fortune pada tahun 2005 , " Pengusaha Tahun Ini"oleh Business Week pada tahun 2007 , salah satu dari 30 " CEO Terbaik Dunia "oleh majalah keuangan AS Barron pada tahun 2008, dan salah satu orang di dalamm daftar Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi Time pada tahun 2009 .


Meski dikenal sebagai entrepreneur sukses, Ma bukan lulusan sekolah bisnis atau sekolah entrepreneurship terkemuka dunia. Ia tercatat meraih gelar Sarjana dalam disiplin ilmu bahasa Inggris dari Hangzhou Normal University .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar