Jumat, 19 Februari 2016

Riset: Bisnis Online Jadi Sampingan Favorit Warga Kelas Atas



Perusahaan riset global Kadence International mendapati beberapa pekerjaan sampingan yang menjadi tren di Indonesia. Dalam riset yang dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia, didapati fakta bahwa bisnis online menjadi favorit masyarakat kelas ekonomi atas.

"28 persen SES A membuka online shop. Karena waktu lebih banyak," kata Managing Director Kadence International Vivek Thomas di Jakarta.

Untuk pekerjaan sampingan berupa bisnis jaringan atau Multi Level Marketing (MLM) juga masih diminati. Sebesar 14 persen dari kelompok kelas atas dan 3 persen kelompok kelas menengah ke atas serta 12 persen kelompok masyarakat ekonomi ke bawah, memiliki pekerjaan sampingan MLM.

Pekerjaan sampingan lain yang juga diminati masyarakat Indonesia adalah bisnis makanan atau katering. Tidak itu saja, pekerjaan sampingan lainnya yang banyak dijalankan masyarakat Indonesia adalah wirausaha dengan membuka warung kelontong atau toko.

Setidaknya 18 persen masyarakat pendapatan kelas atas memilih memiliki toko atau warung sebagai sumber pendapatan sampingan. 88 persen masyarakat kelompok kelas menengah ke atas juga memilih membuka toko atau warung sebagai pekerjaan sampingan.


Sebesar 45 persen masyarakat kelas menengah ke bawah memiliki warung kelontong untuk pekerjaan sampingan. Dan 61 persen masyarakat kelas bawah memiliki toko atau warung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar