(Image credit: learnvest.com)
Manajemen
yang baik adalah manajemen yang seimbang, di antara mengendalikan dan
'mengabaikan'. Pekerjaan Anda sebagai pemimpin bisnis ialah memikirkan
berbagai upaya yang diperlukan agar keseimbangan itu bisa tercapai.
Saat Anda menyaksikan seorang pegawai membuat kesalahan dalam bekerja, mungkin Anda merasa tidak tahan untuk turut campur.
Akan
tetapi, orang tidak akan belajar dengan hanya diberitahu cara yang
benar. Berhentilah melakukan intervensi pada pegawai. Biarkan mereka
berbuat kesalahan lalu bantu mereka melakukan dengan benar setelah itu.
Tentu saja, Anda harus mengevaluasi risiko dan konsekuensi kegagalan
yang dilakukan si karyawan, jika karyawan Anda akan melakukan kesalahan
dengan dampak yang cukup besar seperti menurunkan perolehan laba
perusahaan, tentu Anda harus turun tangan.
Namun
saat risiko kesalahan tidak begitu signifikan, bersiaplah untuk
mengamati dan bersabar agar karyawan dapat belajar menjadi lebih
kompeten dari tiap kesalahannya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar