Jumat, 19 Februari 2016

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Memulai Bisnis Waralaba


Dari tahun ke tahun bisnis kemitraan atau yang biasa disebut bisnis waralaba semakin menjamur. Menurut data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), jumlah waralaba di tahun 2010 mencapai 1.300 merek dengan tak kurang dari 3.000 unit gerai. Dari jumlah ini perputaran uang yang ada sekitar  Rp 114 triliun. Angka itu meningkat signifikan di tahun 2011 dengan 1.700 merek, 36.000 gerai, dan perputaran uang Rp. 214 triliun.

Namun bukanlah hal mudah bagi pemilik merek atau franchisor dalam memperoleh kepercayaan dari calon franchisee untuk membeli lisensinya. Diperlukan persiapan matang dan lengkap sebelum franchisor dapat memasarkan bisnisnya kepada calon pemodal. Apa sajakah hal yang harus dilakukan oleh franchisor untuk dapat memenuhi syarat sebagai franchisor yang tangguh?

Konsep yang matang
Buatlah sebuah konsep bisnis waralaba yang dapat menarik minat dari calon pembeli merek atau franchisee, konsep bisnis inilah senjata utama dalam membangun sebuah bisnis waralaba. Sebuah produk usaha tidak bisa begitu saja diwaralabakan. Bisnis ini memerlukan bukti ketangguhan di lapangan. Diperlukan waktu sampai calon pembeli merek melihat kesuksesan bisnis tersebut. Konsep bisnis ini meliputi program promosi bisnis dan keuntungan yang didapat.

Bentuk tim waralaba
Bentuklah sebuah tim yang dapat membantu kita dalam membangun Bisnis Waralaba ini, baik dalam segi strategi bisnis, hukum serta etika franchise. Tim inilah juga yang nantinya membentuk format mengenai dukungan yang dapat diberikan kepada franchisee dalam menegatasi masalah yang mucul di lapangan. Hal ini jugalah yang dapat kita jual kepada calon franchisee sebagai daya tarik franchise kita. 

Buat produk seunik mungkin
Persaingan waralaba yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha untuk berinovasi. Buat keunikan dari barang atau jasa yang akan dijual, karena hal inilah yang dapat menentukan laku atau tidaknya barang atau jasa yang kita jual kepada konsumen, dan juga memudahkan kita untuk melakukan penetrasi pasar dalam persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis.

Buat paket-paket yang menarik
Susunlah secara menarik paket-paket waralaba yang dapat dipilih oleh calon pembeli merek. Semakin banyak paket yang ditawarkan, calon franchisee pun semakin mudah memilih franchise kita sesuai dengan kemampuannnya. Paket-paket ini dapat dibedakan dari harga, dukungan fasilitas yang diperoleh.


Konsultasi 
Berkonsultasilah dengan pihak yang sudah berpengalaman di bidang Bisnis Waralaba atau konsultan untuk memastikan legalitas usaha kita. Ketahuilah dasar-dasar waralaba dan peraturan-peraturannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar