Jumat, 19 Februari 2016

Solusi untuk Keluarga Berpenghasilan Minim



Bagaimana hidup di Jakarta dengan gaji sebesar Rp 2,2 juta? Masalah ini tidak bisa dijawab dengan sederhana karena terkait dengan pengetahuan mengelola keuangan keluarga.
Menyelesaikan masalah tersebut dengan pemberdayaan keluarga. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai solusi:

1. Bangun pola pikir ingin berubah
Pola pikir ialah cara kita bertindak berdasarkan masukan yang kita terima, entah dari guru, orang tua, penasehat keuangan atau lingkungan yang mendidik kita.
Pertanyaannya, maukah kita berubah? Sering kali, kita hanya ingin berubah tanpa mau bertindak.
Ataukah kita hanya ingin seperti itu terus kondisi keuangan keluarga kita? Jika jawabannya tidak, mulai hari ini kita memutuskan untuk hidup hanya dari 90 persen penghasilan kita, sisanya yang 10 persen kita tabung untuk masa depan perubahan keuangan kita. Jika kita ingin berubah, lakukan menabung di awal ketika mendapatkan gaji atau usaha Anda. Baru setelah itu untuk mulai menaikkan persentasenya perlahan-lahan.

2. Berdayakan keluarga
Ketika kita hidup dari hanya 90% penghasilan rutin atau bulanan kita, maka langkah selanjutnya adalah menginventarisasi keahlian, bakat, hobi dan keterampilan kita yang lain untuk dikonversi menjadi ide yang bisa menghasilkan uang.

Misal, bagi yang isterinya bisa menjahit, kenapa tidak diberdayakan untuk menerima pesanan jahitan dengan cara menyewa atau meminjam mesin jahit orang lain, dengan sistem bagi hasil.

Ketika kita lagi dalam kesulitan keuangan, biasanya kita berandai-andai untuk membagi alokasi keuangan kita untuk tujuan keuangan kita di masa mendatang.  Namanya juga harapan, boleh saja kita menuliskan impian keuangan kita, misal ingin pergi haji sementara uangnya belum ada ketimbang kita tidak pernah punya harapan akan perbaikan kondisi keuangan keluarga kita.

Dengan menuliskan tujuan keuangan dikala sulit, ini menandakan kita memiliki tujuan keuangan dan ingin melakukan perubahan dalam diri serta mau melaksanakan apa yang kita rencanakan  tersebut.


3. Naikkan penghasilan
Satu masalah dari kebanyakan karyawan adalah hanya memiliki satu pendapatan, dengan kita menaikkan penghasilan maka memiliki kemungkinan untuk mempunyai multiple income. Carilah usaha sampingan yang bisa meningkatkan pendapatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar