Jumat, 19 Februari 2016

Ben Hendradjasa: Ada 6 Poin Penting Menjadi Pemimpin Bisnis


Menjabat sebagai President Director Adidas Indonesia, Ben Hendradjasa tidaklah membuat dirinya akan lupa masa lalunya yang penuh perjuangan mencapai posisinya sampai saat ini. Ben pun memberikan 6 poin menjadi pemimpin sesuai dengan pengalaman pribadinya.

Ben mengatakan, poin pertama yakni di dalam diri sendiri ada tiga bagian. Ben menuturkan di dalam diri pertama adalah rasa percaya diri, yang di mana kepercayaan diri merupakan awal bagaimana keinginan untuk berusaha dan yakin bahwa kemampuan yang dimiliki mampu bersaing.

“Lalu positive thinking, apa yang kita lakukan, lakukanlah dan berpikir itu benar dan tidak punya rasa gusar, serta bagaimana kita bisa seimbang,” ucapnya dikutip dari okezone.com dan suarapengusaha.com.

Kunci sukses kedua, kata Ben yakni memiliki sebuah ambisi dengan memiliki rasa tujuan. Ambisi disini ada dua, ambisi yang positif dan negatif.

“Mempunyai tujuan yang jelas, seperti saya mulai kerja dari junior account lalu kuliah sambil kerja. Kalau ingin sukses, mulai dan lakukan sekarang dengan tujuan dari ambisi tersebut,” tambah Ben.
Di kunci sukses yang ketiga, lanjut Ben mengungkapkan ada tiga tahapan yang kuat, seperti dengan mengambil dan memperhitungkan sebuah risiko yang akan diambil, merebut setiap kesempatan yang ada, serta mempersiapkan rencana berkelanjutan

“Saya posisi sekarang ini pun karena adanya peluang bisnis, kesempatan itu langsung saya ambil. Sama halnya pas dulu enggak punya uang, saya langsung ambil keputusan kerja walaupun risiko akan melelahkan tapi kita harus tetap perhitungkan,” jelas Ben.

Kunci sukses yang keempat untuk menjadi seorang pemimpin adalah pro aktif, bagaimana dalam bekerja selalu banyak bertanya dan belajar. Tidak usahlah malu untuk mencari ilmu.
“Lalu terus yakin untuk mengubah status yang bertentangan apa yang kita inginkan, dan dalam bekerja tunjukkanlah gairah Anda pada pekerjaan yang dilakukan yang pada akhirnya memiliki nilai kontribusi yang kuat dan bernilai,” cetus Ben.

Untuk menjadi pemimpin ala Ben, poin yang kelima menurut Ben adalah think out of the box. Poin kelima ini memiliki empat tahapan, untuk dapat berpikir di luar dari yang biasanya, menurut Ben hal ini perlu dilakukan agar dalam pelaksanaannya menuju sukses tidak monoton.

“Selain itu, kita pun harus tetap menjaga pikiran yang terbuka, menerima segala masukan dan saran dari kolega. Kemudian mengeksplorasi kemungkinan yang ada, dari kemungkinan yang kecil pun kita bisa mendapatkan sebuah nilai serta jadi lah seorang yang kreatif. Kreatif memang berasal dari diri sendiri, kita terus tingkatkan kreativitas,” ucap pria yang gemar makan nasi goreng ini.

Dan poin terakhir untuk menjadi seorang pemimpin ala Ben sesuai pengalaman pribadinya adalah tinggalkanlah zona aman yang selama ini sebagian orang mengalami masa tersebut.

Ben mengatakan, memang untuk meninggalkan rasa aman seseorang terhadap pekerjaan cukup sulit, kendati demikian, di satu posisi seperti inilah akan mengetahui keberanian dan keyakinan seseorang atas keputusan yang diambil apabila meninggalkan zona aman.

“Tinggalkan zona aman, memang tidak ada orang yang ingin hidup susah. Tapi di sinilah bagaimana kita percaya dan respect dengan performance diri sendiri,” tegas Ben.

Kemudian masih di poin terakhir yakni, tataplah sebuah keraguan sebagai paradoks yang hanya akan mengganggu untuk mengubah situasi.


“Serta kita harus bisa menciptakan lingkungan atau suasana sendiri yang Anda inginkan dan tidaklah selalu menjadi seperti yang efektif. Itulah enam langkah bagaimana menjadi seorang pemimpin yang saya lakukan sesuai pengalaman hidup saya,” pungkas Ben.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar